Saturday, 12 Oct 2024

MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Membangun Ruang Ekspresi Melalui Lahan Produktif Madrasah

MI Ma'arif Mangunsari Salatiga Membangun Ruang Ekspresi Melalui Lahan Produktif Madrasah

Salatiga, 22 Agustus 2024

MI Ma’arif Mangunsari Salatiga dalam mewujudkan karakter kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan, membuat berbagai program untuk mewujudkan hal itu. MI Ma’arif Mangunsari merupakan salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki tiga tempat lokasi berbeda. Kami menyebutnya kampus 1, 2, dan 3. Tidak dipungkiri bahwa dari ketiga lokasi tersebut masih berdekatan dengan lahan kebun milik masyarakat.

Dalam rangka mendorong Madrasah Hijau, berbagai kegiatan lingkungan yang ada di MI Ma’arif mangunsari telah dilaksanakan meliputi pembuatan taman di halaman madrasah baik kampus 1, 2, dan 3. Taman yang memiliki berbagai jenis bunga seperti anggrek, cocor bebek, lidah buaya, bunga kertas dll, yang mana di taman tersebut terdapat kolam ikan. Kemudian pembuatan kebun di lingkungan madrasah yang berisi tanaman sayur seperti bayam, brokoli, wortel, cabai dll, kemudian terdapat buah seperti nangka, tomat, durian, rambutan, terong dll, serta tanaman bumbu dapur seperti jahe, kunyit, sereh, kecur, pandan dll. Pada kegiatan ini seluruh warga madrasah ikut andil agar madrasah hijau terealisasikan, baik para siswa-siswi, tenaga pengajar, dan karyawan yang mana memiliki tugas dan peran masing-masing.

Terkait kegiatan tersebut terdapat tiga proses yang terdiri dari penanaman, pembibitan, dan perawatan tanaman. Proses pertama, penanaman yaitu kegiatan memindahkan bibit dari tempat penyemaian ke lahan pertanaman untuk di dapatkan hasil produk dari tanaman yang di budidayakan. Penanaman ini dilakukan di halaman madrasah, depan ruang kelas, dan lahan hijau madrasahku. Para siswa-siswi belajar tentang teknik penanaman yang benar serta pentingnya pemeliharaan tanaman untuk pertumbuhan yang optimal. Kemudian kegiatan pembibitan harus dipersiapkan dengan menyediakan bahan tanam yang baik, sehat, dan dalam jumlah yang cukup. Mengapa demikian, dikarenakan dengan pembibitan yang baik, tanaman juga akan tumbuh dengan baik juga. Setelah tumbuhan ditanam dengan baik, tidak lupa dibutuhkan usaha untuk merawat. Supaya tumbuh dengan sehat dan kuat maka diperlukan perawatan seperti memilih dengan tepat media tanam, memilih tanaman yang tepat, memberikan sinar matahari yang cukup, memberikan pupuk secara rutin, memastikan tanaman bebas dari hama, dan memotong bagian yang kering atau mati. Dari rangkaian kegiatan di atas, banyak siswa-siswi yang berbagi peran agar proses penanaman, pembibitan, dan perawatan berjalan secara efektif.

Pada dasarnya kegiatan ini selain memberikan dampak positif secara fisik bagi siswa-siswi, juga merupakan salah satu langkah kecil yang berarti dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan di madrasah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa-siswi mampu bekerjasama sebagai tim, memupuk keberanian dalam mengambil inisiatif, serta menumbuhkan rasa memiliki terhadap lingkungan madrasah MI Ma’arif Mangunsari.

admin cerria

Tulisan Lainnya

Raker 2021
Oleh : adminmimaarif

Raker 2021

Bahasa Isyarat
Oleh : adminmimaarif

Bahasa Isyarat

Patuhi Protokol Kesehatan
Oleh : adminmimaarif

Patuhi Protokol Kesehatan

Seniman
Oleh : adminmimaarif

Seniman

Senangnya Matematika
Oleh : adminmimaarif

Senangnya Matematika

0 Komentar

KELUAR